Tuesday 5 May 2015

KATAK UNIK

Katak Pelangi

Katak Pelangi Malagasy merupakan katak yang tinggal di hutan kering berbatu Madagaskar’s Isalo Massif, dimana ia berkembang biak di kolam sementara yang ditemukan di kawasan lembah. Jenis ini juga beradaptasi dengan mendaki cerun dalam lingkungan berbatu-batu, dan pada permukaan curam! Ketika terancam, katak ini akan mengembangkan diri sebagai mekanisme pertahanan terhadap predator.






Katak Atelopus

Katak Atelopus yang dikenali dengan banyak nama seperti katak badut atau Kosta Rika Variable Harlequin Toad. Katak, tersebut adalah jenis katak neo-tropis yang dulunya hidup cukup luas tersebar di seluruh Kosta Rika dan Panama. Spesies ini kini terancam dan sekarang hanya tinggal di Panama.







 Katak Terkecil Di dunia

Katak ini ditemui di Pegunungan Andes Peru selatan, dengan ketinggian antara 9.925 dan 10.466 kaki di atas permukaan laut.







 Katak Terbesar Di dunia

Katak Goliath atau Conraua goliath adalah spesies katak terbesar di Bumi. Katak ini dapat membesar hingga 13 inci (33 cm) panjang dengan berat hingga 8 lb (3 kg). Katak ini memiliki kitaran habitat yang kecil, terutama di Afrika Barat (Gabon). Katak Goliath dapat hidup selama 15 tahun. Makanannya kalajengking, serangga dan katak kecil. Kodok ini memiliki pendengaran tajam tetapi tidak punya kantung vokal/suara.






 Katak Panah Beracun

Katak panah beracun dengan warna seperti biru, adalah nama umum dari sekelompok katak dalam keluarga Dendrobatidae yang merupakan katak asli Amerika Tengah dan Selatan. Tidak seperti kebanyakan katak, ia merupakan spesies yang aktif di siang hari, dan sering menunjukkan tubuh berwarna cerah. Walaupun semua dendrobatids beracun di rimba, racunnya bervariasi dari satu spesies ke berikutnya, dan dari satu populasi yang lain. Banyak spesies yang terancam. Amfibia ini sering disebut “katak panah” oleh pribumi indian akibat penggunaan sekresi beracun mereka untuk meracuni ujung panah mereka.

No comments:

Post a Comment